YURISTGAMEINIGAMEID101

Cara Masuk Bios Di Berbagai Merk Laptop/Komputer


Apa itu BIOS? BIOS (Basic Input Output System) merupakan program antarmuka antara tingkat rendah yang mengendalikan perangkat keras yang terpasang pada laptop/komputer.

Sebelumnya, Baca Juga : Cara Cheat Far Cry 4 100% Work
   
Dengan masuk ke BIOS kamu bisa melihat  semua hardware yang terpasang, processor, RAM, haddisk, CD/DVD Drive dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa konfigurasi dasar dalam komputer/ laptop seperti tanggal dan waktu, kinerja, kestabilan komputer, pengaturan proses booting (boot priority) yang biasanya untuk keperluan instal Windows misalnya merubah boot akses ke USB flashdisk.

Cara masuk BIOS yang benar adalah saat kamu menekan tombol akses pada saat yang tepat. Yaitu saat rentang waktu antara "Power On" sampai pesan pada bagian bawah monitor seperti dibawah ini:

“Press <DEL> to Enter Setup” atau,

“Press F2 to enter SETUP, F12 for Network Boot, ESC for Boot Menu”.

Dalam beberapa laptop/komputer, saat yang tepat bisa dikenali dengan munculnya logo manufactur atau logo vendor dari laptop/komputer tersebut. Pada umumnya, untuk masuk kBIOS bisa dengan menekan tombol F2 atau tombol lain seperti F1, DEL. Namun, sekarang ini semuanya sudah berkembang, sehingga banyak yang sudah berubah pula.

Dibawah ini beberapa rincian tombol untuk masuk ke BIOS dari berbagai merk laptop. Karena tiap merk laptop berbeda, bahkan walaupun memiliki merk yang sama tetapi beda tipe/model laptopnya, bisa membuat tombol untuk masuk ke BIOS berbeda. Yaitu:

ASUS :  F2, meskipun ada juga tombol F10, ‘Delete’ atau ‘Insert’, tergantung modelnya.

Acer : F2, tapi untuk Acer keluaran dulu F1 atau kombinasi ‘Ctrl+Alt+Esc’.

HP/Compaq : F10 

Dell : F2. Alternatif lain bisa coba F1, ‘Delete’, F12. Untuk model dulu ‘Ctrl+Alt+Enter’ atau Fn+Esc atau Fn+F1.

Sony : Untuk model/type lama bisa pake tombol F2. Namun sekarang sudah berbeda, untuk masuk BIOS bisa dengan tombol ‘Assist’. Baca artikel:Cara Masuk Bios Dengan Merk Sony

Toshiba : F2

Fujitsu : F2

Sekian, Cara Masuk BIOS Di Berbagai  Merk Laptop/Komputer.
Semoga Bermanfaat.

Share bila ini bermanfaat dan kalian bisa subscribe kami dengan men-submit email kalian dibawah halaman website kami. Agar kalian bisa mendapatkan notifikasi bila kami update :)

About Author

luky

Orang yang suka belajar tentang komputer dan menyukai dunia games dan anime

Related Post