YURISTGAMEINIGAMEID101

MUDAH!! 3 Cara Memperbaiki Error Pada Touchpad

Wizzka - Touchpad merupakan salah satu bagian penting yang berada dalam sebuah laptop. Tanpa touchpad kita tidak bisa beraktifitas dalam menggunakan laptop dengan mudah karena sebagai pengganti touchpad kita yang rusak, kita harus membawa mouse kemanapun. 

Hasil gambar untuk tips agar touchpad awet

Peran yang dimiliki touchpad memang sangat penting untuk aktifitas laptop sehari-hari.

Kadang kala touchpad kita mengalami masalah tidak berfungsinya touchpad hingga touchpad kita bergerak sendiri. Hal ini bisa disebabkan karena:
  • Laptop yang tekena virus
  • Touchpad kotor karena berdebu
  • Terkena keringat saat kita gunakan
  • Driver touchpad yang hilang/tidak terpasang
  • Hardware touchpad yang hilang
  • Kesalahan setting pada program touchpad

Bila kerusakan yang terjadi terletak pada bagian hardware touchpad, kita tidak ada pilihan lain selain menggunakan mouse sebagai pengganti touchpad. Tapi jika kerusakan bukan karena hardware, anda tidak perlu khawatir karena masih dapat diperbaiki. Sebelum kita memulai cara memperbaiki masalah pada touchpad, cek terlebih dahulu laptop anda apakah touchpad anda dinonaktifkan atau benar-benar bermasalah. Biasanya pemilik laptop tidak sengaja memencet tombol untuk menonaktifkan touchpad pada laptop, cara meng-aktifkannya kembali yaitu pencet tombol dengan gambar touchpad diberi garis miring (biasanya berada di deretan F1-12). Masih tidak bisa? kalo gitu coba cara dibawah ini.

Sebelumnya, BACA JUGA:Tips Dalam Merawat Touchpad Agar Awet

Berikut Memperbaiki Touchpad Yang Bermasalah

Scan dengan Aplikasi Antivirus
Masalah pada komputer memang tidak jauh dari virus. Dampak yang ditimbulkan oleh virus ini dapat menjangkit hardware, baik internal maupun eksternal. Virus biasanya mengacaukan program sistem, sehingga hardware tidak dapa berjalan dengan baik.

Solusinya yaitu gunakan antivirus yang bagus seperti, AVAST, Kapersky, Esset dan sebagainya untuk menjadi antivirus utama. Dan untuk antivirus pendampingnya bisa menggunakan Smadav.

Setting Pada Control Panel

1. Buka Control Panel
2. Masuk ke Hardware and Sound

3. Pada sub menu Device and Sound, pilih Mouse

4. Pada tab Device Setting, klik pada Enabled


Download Driver Touchpad Di Situs Resminya
Driver pada laptop memang sering hilang, khususnya setelah menginstal ulang laptop kita. Karena setelah kita menginstal ulang laptop kita driver pada laptop anda akan terhapus dan kita diharuskan menginstal kembali driver-driver pada laptop kita.

Solusinya kita bisa men-download driver-driver yang hilang pada laptop disitus resminya. Dengan catatan harus disesuaikan dengan model laptop kita.

Demikian Cara Terbaik Memperbaiki Error Pada Touchpad. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Share bila ini bermanfaat dan kalian bisa subscribe kami dengan men-submit email kalian dibawah halaman website kami. Agar kalian bisa mendapatkan notifikasi bila kami update :)

About Author

luky

Orang yang suka belajar tentang komputer dan menyukai dunia games dan anime

Related Post